Daftar Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Wajib Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Wajib Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Wajib Dikunjungi – Mojokerto terkenal sebagai salah satu daerah bekas wilayah Majapahit. Lokasinya berada di barat daya Surabaya sekitar 50 km. Kabupaten yang menjadi salah satu penyangga utama Surabaya ini merupakan destinasi menarik untuk dikunjungi ketika liburan. Aneka situs bersejarah peninggalan Majapahit, candi, hingga berbagai tempat wisata alam tersedia di kota Onde-Onde ini. Wisata alam dan sejarah merupakan dua daya tarik besar untuk destinasi yang bisa anda kunjungi.

Selain itu lokasinya yang hanya ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Surabaya membuat Mojokerto cukup mudah dari segi akses. Salah satu keunikan wilayah Mojokerto adalah dari banyaknya candi peninggalan Majapahit yang tersebar di beberapa lokasi. Hal ini membuat Mojokerto merupakan lokasi ideal untuk yang ingin menambah pengetahuan akan sejarah. Nah, bagi anda yang penasaran apa saja destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Mojokerto, berikut ulasannya.

Tempat Wisata Di Mojokerto

  1. Candi Tikus

Dinamakan Candi Tikus karena ketika dalam proses penggalian candi ditemukan tikus dalam jumlah cukup banyak. Sampai saat ini peninggalan kerajaan Majapahit ini disebut sebagai Candi Tikus. Lokasinya di Desa Temon, Trowulan. Bangunan candi yang megah dan masih kokoh ini juga memiliki area taman yang menawan. Pemandangan hijau di sekitarnya berpadu sempurna dengan tanaman dan fasilitas yang sudah cukup rapi. Hal ini membuat pengunjung candi Hindu ini semakin betah berlama-lama di sini.

  1. Candi Brahu

Masih berupa Candi. Kali ini merupakan Caandi Brahu yang paling tua usianya. Candi yang berada di Jalur Mojokerto-Jombang ini dibangun pada masa kerajaan Kahuripan. Corak Hindu dan Budha berpadu sempurna di bangunannya. Pepohonan rindang di sekitar kawasan candi membuat suasananya terlihat asri. Candi yang konon berasal dari bangunan suci Wanaru dan Warahu ini cocok sebagai pilihan destinasi wisata sejarah anda.

  1. Kampung Majapahit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Mojokerto merupakan wilayah kerajaan Majapahit pada masanya. Dan hal ini terbukti dengan adanya Kampung Majapahit. Sisa reruntuhan bangunan, batuan kuno, dan berbagai peninggalan kerajaan besar tersebut menjadi warisan tak ternilai sehingga dikukuhkan sebagai cagar budaya. Anda bisa menyambangi wisata sejarah ini di Desa Bejijong, Jatipasar, dan Sentonorejo, Mojorkerto.

  1. Puncak Watu Jengger

Keindahan alam yang memesona membuat Puncak Watu Jengger menjadi favorit para wisatawan. Lokasinya di Desa Tawangrejo, Jatirejo, Mojorkerto. Pemandangan pegunungan dari ketinggian bisa anda saksikan secara lebih leluasa. Selain itu pengunjung bisa menikmati area vegetasi hutan dengan hawa udara yang sejuk. Aksesnya memang terjal sehingga pengunjung wajib memiliki stamina prima ketika bersambang ke puncak satu ini.

  1. OBECH Rafting Mojokerto

Lokasinya di area Wisata Bandulan Alam, Pacet, Mojokert. Sungai dengan aliran deras sangat menantang untuk ditaklukan. Anda bisa bermain arung jeram, paintball, berkemah dan mancakrida untuk menikmati derasnya aliran sungai tersebut. pemandangan alamnya pun sangat memukau sehingga wisata alam ini cocok menjadi pilihan menarik ketika liburan ke Mojokerto.

Nah itu dia beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Mojokerto yang bisa menjadi pilihan liburan anda. semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

shares