Apasih arti PK pada AC ?

Apasih arti PK pada AC ?

Tidak semua ruangan menggunakan ac 1 pk akan tetapi penggunaan pk ac juga dipengaruhi oleh besar dan luas ruangan tersebut. Penggunaan ac pada masa sekarang ini sudah bukan lagi hal tabu yang hanya bisa dimiliki oleh orang – orang kalangan tertentu saja. Jika dulu ac  hanya dapat dinikmati kalangan menengah ke atas saja, sekarang ac telah meluas hingga kalangan menengah ke bawah. Setiap kalangan pasti memiliki ac. Ac untuk zaman sekarang ini tidak hanya digunakan pada kantor – kantor besar saja, tetapi kantor – kantor kecil dan perumahan juga telah menggunakan ac. Penggunaan ac telah merambah ke arah rumah – rumah untuk pemakaian pribadi karena dahulu hanya kantor – kantor besar saja yang dapat menikmati fasilitas ini.

Untuk memasang sebuah air conditioner di rumah perlu diperhatikan juga beberapa hal supaya tidak salah memilih dan sesuai dengan kondisi juga keadaan di ruangan yang akan terpasang. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan pk yang tepat untuk sebuah ruangan. Pk adalah Paard Kracht. Jika di artikan paard kracht sama dengan horse power. Dalam dunia permesinan modern horse power sama dengan tenaga kuda yang berarti kekuatan dari mesin itu sendiri. Yang menggunakan istilah tenaga kuda bukan hanya ac saja akan tetapi banyak benda – benda lain seperti mobil dan sepeda motor menggunakan istilah ini. Istilah tersebut hanya berbeda nama di teknologi – teknologi tersebut akan tetapi basic yang digunakan sama. PK merupakan daya atau kekuatan yang dapat dihasilkan oleh ac itu sendiri. Daya tersebut berguna untuk membuat ruangan yang telah di pasangi ac menjadi dingin.  Sering kali orang salah dalam memilih ac sehingga ruangan yang dipasangi ac menjadi tidak dingin. Untuk memasang sebuah ac harus memperhatikan ukuran ruangan dan jumlah orang yang akan menggunakan ruangan tersebut. Jumlah orang dan luas ruangan sangat berpengaruh pada kinerja ac itu sendiri. Jika pengukuran tersebut benar maka sensasi dingin yang diciptakan oleh ac akan makin terasa.

Pk juga berpengaruh pada daya listrik yang akan dihasilkan. Daya – daya yang akan diserap oleh ac tergantung dari jumlah pk itu sendiri. Dalam 1 pk biasanya memakan listrik 750 watt. Daya listrik tersebut sudah bisa dipakai oleh semua kalangan. Dalam PK terdapat istilah BTU/h. BTU adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui kesejukan yang dihasilkan oleh ac. BTU adalah singkatan dari  british terminal unit. Hitungan tersebut diukur per jam. Terdapat beberapa ukuran dalam PK yaitu:

  1. ½ PK               = 5 ribu BTU/h
  2. ¾ PK               = 7 ribu BTU/h
  3. 1 PK               = 9 ribu BTU/h
  4. 1 ½ PK = 12 ribu BTU/h
  5. 2 PK                = 18 ribu BTU/h

Menghitung PK agar sesuai dengan kebutuhan ac di suatu ruangan juga memerlukan beberapa rumus.  Karena pk tidak dapat sembarangan dihitung. Kesalahan menghitung pk juga akan berdampak pada kinerja dari ac itu sendiri. Penghitungan yang benar akan membuat kinerja ac lebih maksimal dan ruangan menjadi lebih dingin. Rumus menghitung Pk adalah,

= Luas ruangan  X   500

Penghitungan pk tidak selalu sesuai dengan ukuran yang telah disebutkan di atas. Untuk hasil yang tidak sesuai dengan apa yang ada di atas calon pengguna wifi dapat menggunakan ukuran yang terdekat  dengan list di atas. Pengukuran tersebut selain dapat membuat kinerja ac maksimal juga akan membuat ac lebih awet karena tidak bekerja melebihi kapasitas. Pk adalah salah satu komponen krusial yang menggerakan ac. Tanpa adanya pk ac tidak akan berjalan dengan semestinya.  Setelah melakukan pemasangan ac, perawatan juga harus dilakukan secara berkala. Perawatan yang baik harus di lakukan secara rutin. Untuk menghindari kerusakan pada saat perawatan gunakan garansi yang ada pada brand saat membeli ac tersebut atau meminta seorang ahli yang telah berpengalaman untuk melakukan service pada ac. Perawatan yang benar dan penggunaan yang tidak melebihi kinerja dari ac tersebut akan membuat ac lebih awet.

shares