Fakta Mengenai Konser Jokowi – Ma’ruf

Fakta Mengenai Konser Jokowi – Ma’ruf

Tahun 2019 ini rupanya menjadi tahun yang menentukan masa depan bangsa Indonesia. Pasalnya, pada tanggal 17 April 2019, dilakukan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia periode 2019-2024. Sebagai calon pasangan presiden dan wakil presiden yang akan maju ada dua nomor. Nomor urut 01 yaitu Jokowi sebagai calon presiden dengan Maruf Amin sebagai calon wakil presiden. Sedangkan nomor urut 02 yaitu Prabowo sebagai calon presiden dengan Sandiaga Uno sebagai wakil presiden. Menjelang pemilu berlangsung, tentu ada beragam acara yang akan membantu rakyat Indonesia menentukan pilihannya. Mulai dari debat calon presiden dan wakil presiden sampai kampanye oleh masing-masing calon presiden dan wakil presiden seperti kampanya capres 01 atau dikenal dengan konser jokowi.

Nah, berbicara mengenai kampanye, paslon nomor 1 yaitu Jokowi – Maruf Amin mengadakan Konser Putih Bersatu yang dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada tanggal 13 April 2019 lalu. Konser tersebut sebagai bentuk kampanye pada hari terakhir dan kampanye penutup. Terlihat ada banyak masyarakat yang memenuhi GBK dengan menggunakan atribut kampanye yang berkaitan dengan paslon Jokowi dan Maruf. Tahukah Anda, ada beberapa fakta unik terkait “Konser Putih Bersatu” lho! Yuk simak!

Pakaian atau Dresscode Warna Putih

Pada saat konser Jokowi – Maruf berlangsung, seluruh masyarakat yang hadir dan memenuhi GBK menggunakan pakaian warna putih, termasuk paslon presiden dan wakil presidennya. Hal tersebut membuat ruangan GBK yang berkapasitas 80.000 orang menjadi terlihat seperti lautan putih. Memang, dresscode yang sesuai dengan tema bagi para pendukung adalah putih sehingga seluruh masyarakat yang hadir mengenakan seragam putih.

Meskipun dresscode yang diminta adalah pakaian berwarna putih, ada juga masyarakat yang hadir menggunakan pakaian warna lain seperti seragam partai pendukung paslon Jokowi – Maruf. Diantaranya seragam partai Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan lainnya.

Jumlah Pendukung yang Membludak

Tahukah Anda, ternyata kapasitas GBK yang mencapai 80.000 orang tidak sepenuhnya menampung seluruh pendukung paslon nomor urut 01 yaitu Jokowi dan Maruf. Pasalnya, di luar gedung GBK masih terdapat pendukung yang tidak dapat masuk karena kapasitas sudah terpenuhi. Mereka pun akhirnya mengikuti kampanye di luar gedung sambil menggelar kardus untuk alas duduk. Tak hanya itu, disediakan pula layar di luar gedung untuk menyaksikan jalannya kampanye di dalam GBK melalui fasilitas live streaming. Ketahuilah, arus lalu lintas di sekitar area GBK sampai dialihkan lho demi berjalannya acara tersebut? Wah, apakah Anda salah satu yang ikut menyaksikannya?

Diramaikan oleh Artis dan Selebritas

Ada lagi fakta lain yang terjadi saat konser Jokowi berlangsung yaitu acara tersebut diramaikan oleh artis-artis beserta selebritas terkenal di Indonesia. Mulai dari Glenn Fredly, Yuni Shara, Ashanty, Nirina Zubir, Andien, Slank, Dira Sugandi, Sophia Latjuba dan Addie MS. Tak hanya artis dan selebritas, ada juga kolaborasi antara artis dengan hiphop RnB bersatu, diva bersatu, 100 gitaris bersatu, vokalis band bersatu, komika bersatu, dan DJ bersatu.

Orasi Paslon 01 Jokowi

Tentunya, pada saat kampanye tidak afdol jika calon presiden yang akan maju tidak memberikan orasi di depan para pendukungnya. Dalam orasi tersebut, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia tidak akan bubar. Saat ini, Indonesia masuk dalam 20 negara dengan tingkat ekonomi terkuat di dunia. Pada tahun 2045, diprediksi Indonesia akan masuk ke dalam empat besar negara dengan tingkat ekonomi terkuat di dunia.

Nah, kira-kira, apakah prediksi Jokowi akan benar-benar terwujud atau tidak ya tahun 2045 esok?

shares