Jangan Disepelekan, Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Jangan Disepelekan, Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Merawat organ reproduksi merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita. Bentuk vagina yang sehat adalah bersifat asam dan mengandung banyak bakteri menguntungkan yang bermanfaat untuk menangkis infeksi dan mempertahankan pH normal. Lantas bagaimana sih cara merawat kesehatan organ intim? Berikut beberapa cara menjaga kesehatan organ intim kewanitaan.

Mencuci Vagina dengan Benar

Saat mencuci bagian organ intim kewanitaan, pastikan Anda menghindari penggunaan sabun, gel, antiseptik. Pasalnya hal ini akan mempengaruhi keseimbangan pH yang sehat dari bakteri dalam vagina yang dapat menyebabkan iritasi. Pastikan Anda menggunakan sabun dengan bahan lembut dan tidak mengandung parfum untuk mencuci bagian organ kewanitaan.

Memakai Kondom

Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan alat kontrasepsi yang bermanfaat sebagai pelindung penyakit menular seksual dan kehamilan yang satu ini bukan? Namun ternyata tak hanya itu saja, kondom juga bermanfaat untuk menjaga tingkat pH dalam vagina sehingga bakteri dapat tetap hidup. Bakteri tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi.

Menggunakan Celana Berbahan Katun

Pastikan Anda memilih celana dengan bahan katun untuk melindungi organ intim kewanitaan. Itulah mengapa sebagian besar celana dalam dilengkapi dengan strip tipis kain katun pada bagian selangkangan. Pasalnya bahan katun sangat efektif digunakan untuk pakaian dalam wanita karena mampu menyerap keringat sekaligus menjaga kelembaban.

Memeriksakan Diri ke Ginekologi untuk Perawatan Preventif

Memeriksakan diri secara rutin setiap tahunnya juga sangat penting untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Setiap wanita harus sudah memiliki tes ginekologi pertama kali pada umur 21 tahun atau dalam waktu 3 tahun terakhir sudah aktif melakukan hubungan seksual. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan atau penyakit berbahaya pada organ kewanitaan.

Melumasi Vagina

Vagina yang kering juga dapat disebabkan karena Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal yang satu ini paling sering muncul setelah kehamilan atau sebelum menopause. Untuk itu melumasi bagian organ intim juga sangat penting untuk dilakukan.

Berhati-hati Saat Bersepeda

Hal yang tak terduga dan dapat mengganggu kesehatan organ intim kewanitaan adalah bersepeda. Jika Anda sering melakukan aktivitas bersepeda, Anda berisiko mengalami mati rasa genital, kesemutan, dan rasa sakit selama bersepeda. Selama bersepeda, pastikan Anda menggunakan celana pendek yang empuk untuk menjaga organ kewanitaan bebas dari rasa sakit.

Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan dengan Baik

Setelah buang air besar, pastikan Anda membersihkannya dengan benar. Pastikan Anda mengusapnya dari bagian depan ke belakang. Mengapa harus demikian? Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri dari bagian anus masuk ke daerah organ kewanitaan. Selain itu pastikan juga Anda menggunakan air bersih ketika membersihkannya.

Nah di atas merupakan beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Pastikan Anda melakukan tips di atas agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Anda juga bisa mendapatkan tips bagaimana cara merawat kebersihan organ kewanitaan hanya di orami.co.id.

shares