Jenis Bahan Sablon Untuk Bikin Jersey Futsal

Jenis Bahan Sablon Untuk Bikin Jersey Futsal

Futsal merupakan olahraga yang membutuhkan gerakan yang lincah sehingga diperlukan perlengkapan dan peralatan yang mendukung ketika bermain yaitu baju olahraga, sepatu, tas, botol minum, dan perlengkapan lainnya. Salah satu hal yang penting selain sepatu yaitu baju. Baju olahraga yang biasa digunakan adalah baju jersey futsal. Terdapat berbagai jenis dan bahan untuk bikin jersey futsal.

Bahan Sablon Untuk Bikin Jersey Futsal

Jersey memiliki ciri khas dengan tulisan nama, logo tim, maupun nomor yang tertera pada baju jersey. Jersey tanpa sablon pastinya terasa kurang karena terasa polos dan terlihat seperti kaos biasa. Sablon yang digunakan haruslah berkualitas dan sesuai dengan kain untuk membuat jersey. Berikut adalah jenis bahan sablon untuk jersey futsal.

  1. Sablon Polyflex

Sablon polyflex merupakan bahan sablon yang paling sering digunakan untuk jersey futsal apalagi untuk jersey dari brand dan produsen ternama karena memiliki hasil akhir yang rapi dan membuat jersey terlihat keren dan mewah. Polyflex terdiri dari material poly sejenis dengan bahan cutting stiker yang bersifat elastis mirip karet.

Namun perawatan ekstra jersey yang menggunakan sablon ini sangat dibutuhkan agar tidak cepat rusak yaitu tidak disarankan untuk mencuci dengan mesin cuci secara terus menerus, tidak boleh diperas, dan tidak boleh terkena setrika secara langsung sehingga harus menggunakan alas di atasnya.

  1. Sablon Rubber

Sablon rubber merupakan alternatif sablon jersey futsal setelah polyflex. Sablon rubber menggunakan tinta rubber yang biasanya digunakan pada baju-baju distro. Sablon rubber juga sering dipakai pada baju jersey futsal hanya saja kelemahan dari sablon ini adalah tidak akan terlihat rapi dan rata jika digunakan pada kain jersey yang memiliki pori-pori sedangkan kain jersey yang bagus adalah kain yang berpori karena memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sablon rubber juga merupakan teknik sablon tertua yang hingga saat ini masih digunakan, terbukti bahwa sablon rubber memiliki kualitas yang bagus terlepas dari kekurangan yang ada. Sablon rubber disebut juga sebagai sablon manual karena diproses menggunakan tenaga manusia dengan menggunakan screen yang kemudian ditempelkan pada baju kemudian cat sablon akan dioleskan pada media screen sebagai alas cetakannya.

  1. Sablon Printing

Pilihan lain yang juga digunakan untuk membuat jersey futsal yaitu sablon printing. Sablon jenis ini merupakan sablon jersey futsal yang paling awet dan tidak mudah luntur karena menggunakan material jenis tinta sublime yang dipanaskan sehingga seluruh warna tinta akan meresap secara merata dan menyatu dengan kain yang digunakan.

Pembuatan sablon printing dengan menggunakan mesin khusus atau mesin printer yang dicetak langsung pada kain. Terdapat dua metode untuk mencetak yaitu metode DTG yang mencetak langsung desain pada kaos dan metode kedua yang memanfaatkan kertas khusus untuk mencetak desain terlebih dahulu baru kemudian disublimasikan pada kaos jersey.

  1. Bordir Aplikasi

Teknik bordir aplikasi ini lebih sering digunakan sebagai penomoran pada baju jersey yaitu dengan menggunakan jenis kain dengan warna yang berbeda dari baju kemudian ditempelkan menjadi nomor punggung yang kemudian pinggiran kain akan dibordir sehingga menempel pada kain baju jersey.

Inilah 4 jenis bahan sablon untuk bikin jersey futsal. Setiap bahan sablon yang digunakan selalu disesuaikan pada penggunaan bahan kaos jersey karena tidak semua bahan sablon cocok pada bahan untuk jersey futsal. Setiap bahan sablon juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

shares