Lakukan 5 Hal Ini Setelah Tanda Kehamilan Terlihat

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Tanda Kehamilan Terlihat

Setelah tubuh Anda memperlihatkan beberapa tanda pembuahan berhasil dan Anda sudah dinyatakan hamil, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya? Status Anda sebagai seorang calon ibu, membuat Anda harus lebih awas dengan kondisi kesehatan si jabang bayi dan Anda sendiri. Agar kehamilan Anda lebih terjaga dengan baik, ikuti beberapa tips penting berikut ini.

  1. Jangan konsumsi makanan sembarangan

Saat Anda telah dinyatakan hamil, Anda harus menjaga asupan makanan Anda. Tidak semua jenis makanan baik untuk kesehatan kehamilan Anda. Dilansir dari healthline.com, terdapat beberapa jenis makanan yang Anda harus hindari saat dinyatakan telah berbadan dua. Makanan itu diantaranya daging, ikan dan  telur mentah serta makanan serta minuman yang mengandung kafein.

Kenapa harus dihindari? Karena kandungan dalam makanan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Contohnya saja, dalam ikan mentah ternyata terdapat bakteri Salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan demam pada ibu hamil dan juga resiko anak terlahir prematur pun meningkat.

  1. Jangan duduk atau berdiri dalam waktu yang relatif lama

Jika kegiatan sehari-hari membuat Anda harus duduk ataupun berdiri dalam waktu yang relatif lama, Anda harus rubah sedikit kebiasaan tersebut. Beri sedikit jeda saat dalam posisi tersebut. Misalnya, jika Anda telah duduk lama, luangkan waktu sebentar untuk berjalan-jalan. Hal ini untuk memperlancar peredaran darah dan menghindari terjadinya pembengkakan pada kaki.

  1. Hindari pemakaian sepatu hak tinggi

Sangatlah riskan untuk ibu hamil jika memakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi. Faktor keselamatan menjadi alasan utama untuk menghindari sepatu hak tinggi, karena kemungkinan Anda terpeleset saat memakainya sangatlah tinggi. Kaki Anda yang bengkak juga akan semakin sakit karena memakai sepatu hak tinggi terus-terusan.

  1. Jaga asupan makanan dan pastikan makanan kaya nutrisi

Saat terlihat tanda pembuahan berhasil, Anda harus mulai mengatur pola makan. Pada saat inilah tubuh Anda membutuhkan nutrisi dan vitamin lebih dibanding biasanya. Seorang ibu hamil rata-rata membutuhkan 350-500 kalori tambahan setiap harinya. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium seperti susu, sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

  1. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup

Kondisi Anda yang sedang hamil, membuat Anda cepat merasa lelah dan ingin istirahat saja dari segala kesibukan. Dilansir dari livescience.com, setidaknya Anda butuh menghabiskan 7 jam untuk tidur pada malam hari dan beberapa jam untuk tidur pada siang hari. Jika tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, bisa-bisa Anda jatuh sakit dan malah membahayakan diri dan janin Anda.

Kebiasaan makan hingga tidur Anda akan berubah saat tanda pembuahan berhasil mulai terlihat. Selain dengan menjalankan pola hidup sehat, Anda bisa memulai konsultasi seputar kehamilan dengan dokter. Jika tak punya banyak waktu bertemu lansung, Anda juga bisa menggunakan layanan tanya jawab online dengan dokter spesialis di Orami.co.id. Mudah dan praktis, kan?

shares