Tips Pilih Casing untuk PC Gaming yang Sesuai Kebutuhan

Tips Pilih Casing untuk PC Gaming yang Sesuai Kebutuhan

Meski casing komputer tak memiliki pengaruh untuk game yang Anda mainkan pada sebuah PC gaming, namun untuk tampilan, bagian inilah yang paling terlihat. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan casing komputer yang tampilannya keren dan sesuai dengan komputer gaming rakitan. Untuk memilihnya, ini cara yang bisa Anda terapkan!

  1. Desain

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih casing dari PC untuk gaming adalah desain atau bentuk luar dari casing tersebut. Casing dengan desain yang bagus akan memberikan kesan yang baik pula pada komputer yang Anda miliki. Anda bisa pilih casing dengan desain futuristik dengan lekukan tegas untuk membuatnya indah.

Selain itu, Anda juga bisa memiliki casing dengan desain elegan namun simpel. Namun, beberapa desain casing yang banyak beredar di pasaran saat ini adalah yang memiliki side window tempered glass yang mana memiliki bagian kaca tranparan sehingga Anda bisa melihat jeroan dari komputer tersebut.

  1. Ukuran

Tentu saja, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari casing tersebut. Ukuran yang tepat uentu akan mempengaruhi penggunaan komponen dalam komputer, terlebih motherboard. Baiknya, pilihlah casing dengan ukuran besar agar bagian dalamnya terasa lebih luas dan muat lebih banyak komponen komputer.

  1. Merek

Tak ada salahnya Anda juga memperhatikan merek dari casing yang akan dibeli. Merek juga bisa menentukan kualitas dari suatu produk meski ini bukan patokan dasar. Beberapa merek yang umum digunakan di masyarakat adalah Cooler Master, Corsair, Dazumba, Enlight dan masih banyak lagi. Harganya pun cukup terjangkau, kok!

  1. Manajemen Kabel

Faktor lain yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih casing untuk PC gaming adalah manajemen kabel yang digunakan. Beberapa casing biasanya sudah memiliki manajemen kabel yang baik sehingga Anda tak perlu repot mengatur banyaknya kabel yang akan digunakan dalam casing tersebut. Oleh sebab itu, lebih baik pilih yang sudah dimanajemen.

  1. Jumlah Penempatan Fan atau Kipas

Hal lain yang harusnya Anda perhatikan ketika memilih casing untuk komputer gaming rakitan adalah jumlah penempatan fan atau kipas dalam casing tersebut. Casing yang baik harusnya menyediakan fan yang cukup karena ini sangat berpengaruh dengan sirkulasi udara di dalam casing komputer tersebut dan menjaga suhu agar tetap dingin.

Minimal, harus ada 4 tempat untuk meletakkan fan di dalam casing tersebut. Dua akan dimasukkan dari dalam dan dua fan di bagian luar. Kalau mau lebih baik, Anda bisa pilih yang jumlah tempat fan-nya ada 6. Makin banyak jumlah penempatan fan, maka akan makin terjaga suhu komputer Anda dan kerusakan bisa dicegah.

  1. Harga

Tentu saja, harga tetap hal utama yang harus Anda perhatikan. Kisaran untuk casing komputer gaming ini memang sangat bervariasi. Harga yang diterapkan untuk satu buah casing berkisar antara 300 ribu hingga satu juta rupiah.

Harga tersebut dipengaruhi oleh merek dan fitur yang dimiliki casing tersebut seperti jumlah tempat fan yang lebih banyak dan lainnya. Casing dengan banderol lebih mahal umumnya memiliki spesifikasi yang baik dan fitur premium.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana caranya memilih casing untuk sebuah PC gaming, kan? Makin premium fitur yang dimiliki dalam sebuah casing, maka biasanya harganya akan lebih mahal. Setidaknya, Anda harus mengalokasikan dana 10% dari jumlah dana yang ada bila ingin merakit sendiri komputer gaming sehingga hasilnya memuaskan.

shares